Friday, March 19, 2010

15 Tahun Wafatnya Sang Maestro Bang Benyamin Sueb

Ikon budaya Betawi almarhum H Benyamin Suaeb justru merayakan haul ke-15 di Depok-Jawa Barat, yang lebih tepatnya di Hotel Bumi Wiyata, Jalan Margonda Raya-Depok, Minggu 14 Maret 2010. Acara haul tahunan tersebut sebelumnya kerap diselenggarakan di Jakarta. Namun tahun ini, Depok menjadi sasaran perayaan selanjutnya.

H. Beim Benyamin (ketua penyelenggara) dan H. Beib Benyamin (Ketua Yayasan Benyamin Suaeb) mengatakan, bahwa budaya Betawi tidak hanya ada di Jakarta saja, tapi juga di sekeliling Jakarta termasuk Depok serta Budaya itu kan pilar kemajuan, Budaya apa pun dan di mana pun, kita patut melestarikan. Acara ini juga sebagai bentuk apresiasi mengenang seniman Betawi sekaligus pemberian anugerah kehormatan kepada sejumlah pihak atas jasanya dalam memelihara dan mengembangkan seni budaya Betawi di Kota Depok.

Acara yang seharusnya dihadiri Pembina Partai Golkar Akbar Tanjung yang menyerahkan penghargaan namun urung hadir karena harus mengikuti Musda Golkar di Riau. Dan ada pun yang akan menerima anugerah kehormatan dari Yayasan Benyamin Suaeb antara lain H. Yuyun Wirasaputrayang akrab dipanggil Bang Yuyun (Wakil Walikota Depok) atas jasanya membina kebudayaan Betawi di Kota Depok, grup Gambang Kromong Modern Mustika Siliwangi Depok serta Perguruan Pencak Silat Pengsimatoga Pengasinan-Sawangan dan Pasar Rebo-Parung, yang berhasil memelihara sekaligus mengembangkan seni bela diri tradisional di Kota Depok.

Acara ini juga di hadiri beberapa organisasi masyarakat seperti Forkabi, LSM Lembaga Kebudayaan Betawi, Komunitas Kota Impian, dan Gerakan Masyarakat Betawi Kota Depok.

No comments:

Post a Comment

Search

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...